Gambar Pemandangan yang Legendaris

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Gambar Pemandangan

Gambar Pemandangan

Familiar dengan gambar pemandangan tersebut? Gambar dua buah gunung, dengan sebuah jalan yang kanan kirinya diapit sawah. Tidak lupa gambar matahari diantara kedua gunung tersebut. Kadang, mataharinya sambil tersenyum. Variasi lainnya adalah gambar rumah di salah satu petak sawah dan burung burung yang digambar mirip huruf “m”.

Ketika melihat acara lomba gambar dalam rangka perayaan hari kemerdekaan RI, saya melihat beberapa anak mengggambar pemandangan dengan style seperti itu. Olalaaa, gambar seperti itu masih ada sampai sekarang, tanya saya didalam hati. Dari pulau jawa hingga menyeberang sampai ke sulawesi, dari angkatan ibu saya sampai ke anak usia sekolah dasar sekarang ternyata masih menggambar pemandangan seperti itu. Seperti sudah ada pakemnya, klo disuruh gambar pemandangan ya bikin gunung kaya itu tadi. Paten banget!

Tidak ada yang salah dengan cara menggambar seperti itu kok. Cuman saya mempertanyakan, dimana kreatifitas anak-anak ketika menggambar? Padahal kita tau, usia sekolah dasar itu kreatifitas anak sedang pesat-pesatnya berkembang. Semacam representasi dari sikap menyederhanakan masalah, alih-alih berusaha menjadi problem solver? Bukankah seni seharusnya digunakan sebagai media untuk mengekspresikan perasaan atau pikiran, tidak perduli baik ataupun buruk hasil akhirnya….

Kira-kira, sampai kapan gambar legendaris ini akan bertahan di anak-anak sekolah dasar di seluruh Indonesia?? Entahlah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *