Belajar Tentang Hujan

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

cartoon-sun-rain-10670817

Menemani anak bermain, bukan hal yang mudah. Kadang malah terasa lebih sulit daripada internetan (ya iyaalaahh!!). Seringnya kehabisan ide “mau ngajak main apa lagi nih?” Kalau tidak ditawari sesuatu yang baru, anak cenderung bosan dan bawaannya jadi bete dan teriak teriak. Salah satu tips yang saya peroleh dari kuliah ibu profesional adalah merencanakan kegiatan keluarga. Perencanaan ini bisa dimulai dalam jangka pendek, seperti merencanakan menu keluarga ataupun merencanakan pola belajar anak. Temanya bisa dibuat perminggu saja yang rentang waktunya relatif pendek.

Karena sekarang lagi sering-seringnya hujan, maka saya punya ide untuk mengambil tema  untuk minggu ini “hujan” sebagai materi belajar untuk Hasan. Hasan masih belum 2 tahun lho, jadi materinya ya ringan ringan saja dan kontennya tentu saja masih bermain.

Menggambar Awan dan Hujan

2013-12-31-12.38.15_2

Saya membuat sebuah gambar awan yang cukup besar di kertas A4 dan meminta hasan untuk mewarnai didalam area. Ternyata dia sudah cukup paham instruksi yang saya berikan, meskipun mewarnainya tidak rata. sstt…. yang warna biru muda agak rata warnanya itu bikinan saya  ya….

Sambil menggambar, saya juga bercerita kalau ini gambar awan. Dari awan turun hujan.. hujannya berupa air….

 

Menbacakan Doa Turun Hujan

Sebagai perkenalan, saya membacakan doa turun hujan secara berulang ulang kepada Hasan. Sudah pasti dia belum bisa menirukan apalagi menghafalkan. Hanya mengenalkan dan memberi contoh saja kok….

Menggambar Pelangi

rainbow186

Ini bukan gambar saya ya.. apalagi gambarnya Hasan… bukaannn… ini gambar nyomot dari internet. Soal gambar ini saya belum laksanakan, mungkin besok saja. Rencananya saya mau menggambar pelangi sendiri dan bercerita tentang pelangi dan warna warnanya.

Hujan Menyuburkan Tanaman

Kegiatan yang ini dilakukan dengan bercerita kepada Hasan tentang rumput dan tanaman yang tumbuh subur ketika hujan. Kebetulan dibelakang rumah kami memang ada rumput dan tanaman yang jadi sangat subur ketika hujan. Pas sekali!

Hmmmm apalagi yaa.. masih kekurangan ide nih buat mengisi tema “hujan”. Nanti sambil berjalan saja dulu deh, semoga dapet inspirasi. Atau ada yang mau menambahkan?? 🙂

Selamat bermain dan belajar!

_naya_

2 Comments

  1. ejakk

    Kukira yg pelangi mas hasan yg warnain.
    Kalo rozin sukanya minta digambarin mamanya, terus bis itu dia coret2 lagi jadi seolah-olah dia yang gambar :hammer:

    Buat mengisi waktu hujan biasanya rozin suka ngajakin ke teras terus liat hujan turun dan kami sama2 menikmati suasana dan baunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.