Toko Kain dan Bahan Craft di Makassar

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Kain, benang, dan jarum dapat dikatakan merupakan kebutuhan wajib bagi orang yang gemar menjahit seperti saya. Ketika awal-awal berada di kota Makassar, saya bingung mencari toko kain yang pas untuk keperluan saya. Saya sempat search melalui google, namun belum mendapatkan jawaban yang memuaskan. Oleh karena itu, saya ingin mendokumentasikan temuan saya mengenai toko kain dan bahan craft yang saya temui di kota Makassar. Yuk yukk marii…

Grand Monalisa

Grand Monalisa

Grand Monalisa

Grand monalisa merupakan salah satu pilihan saya untuk mencari kain. Toko ini terletak di jalan wahidin, bersebelahan dengan BPR Hasa Mitra. Bisa dibilang Grand Monalisa merupakan toko kain paling lengkap (setidaknya menurut saya). Toko ini memiliki koleksi kain tile dan brokat dalam jumlah yang sangat banyak dan lengkap. Hampir seluruh lantai satu toko dipenuhi dengan bahan brokat. Di lantai dua, terdapat beberapa pilihan kain katun, wolfis, jacquard, satin, crepe, chiffon dan kain batik. Kekurangannya, di toko ini tidak terdapat kain sprei sama sekali.

New Monalisa

Toko ini masih satu pemilik dengan toko Grand Monalisa, begitu kata para pegawai di Toko New Monalisa. Dari Toko Grand Monalisa, kita berjalan sedikit ke arah utara dan menyebrang jalan. Toko ini merupakan pilihan terbaik untuk mencari bahan sprei dan kain katun. Boleh dibilang, toko ini memiliki pilihan terbaik dan terbanyak untuk kedua jenis bahan tersebut. Di toko ini juga terdapat beberapa kain chiffon, satin dan kain tile.

Kranggan/ Jangkrik

Toko Jangkrik

Toko Jangkrik

Masih di daerah pasar sentral, Toko jangkrik berada di seberang BRP Hasa Mitra. Toko ini adalah salah satu alternatif mencari bahan brokat dan bahan katun kemeja. Selain itu ada juga bahan satin dan crepe. Kedua bahan ini disusun dilemari berdasarkan gradasi warnanya, sehingga sangat memudahkan untuk memilih dan mencocokkan warna. Koleksi brokat di toko ini lebih “waahh” daripada toko monalisa. Pelayan dan penjual juga lebih ramah dan gesit. Toko ini juga saya rekomendasikan jika mencari bahan brokat/ tille, katun, satin, chiffon dan bahan kemeja.

Toko Harapan

Toko Harapan. gambar diambil dari sini

Toko Harapan merupakan  toko alat menjahit dan bahan kerajinan/ craft yang paling lengkap di Makassar. Lokasinya ada di dalam pasar Sentral, dekat dengan ujung jalan Laiya. Meskipun plang tokonya sudah kusam dan cat temboknya seperti bekas kebakaran, toko ini mudah dicari dari banyaknya sepeda motor yang parkir di halaman toko. Berbagai perlengkapan menjahit seperti benang, jarum, manik-manik, bisban, pita, renda dan masih buaaannyyaaakkk lagi. Lengkap kap kap kap pokoknya deh. Kekurangannya cuman satu, lokasi toko ini sulit dijangkau kendaraan roda empat. Dengan naik kendaraan roda dua saja diperlukan effort yang lebih untuk menuju lokasinya.

Untuk mempermudah, berikut ini saya berikan map toko-toko kain dan craft yang saya sebutkan sebelumnya.

Screenshot from 2016-01-20 21:25:06

Peta Toko Kain dan Bahan Craft di Pasar Sentral Makassar

Toko Yan

Meskipun tokonya kecil, Toko Yan merupakan toko alat jahit yang paling sering saya kunjungi karena lokasinya dekat dan mudah dijangkau. Toko ini terletak di jalan ratulangi, dekat dengan persimpangan pabaeng-baeng  – ratulangi – veteran. Begitu kita masuk jalan ratulangi, sebaiknya langsung mengarahkan pandangan ke sebelah kanan –  dekat dengan ATM BNI. Toko yang menjual bahan menjahit yang umum seperti benang, jarum, kancing dan kain furing. Pita – manik-manik ataupun renda tidak dijual di sini. Beberapa kali saya bertemu dengan pembeli konveksi di toko ini sehingga saya menyimpulkan kalau harga di toko ini cukup murah dibandingkan yang lain.

Toko Sutra Jaya

Toko Sutra Jaya terletak di jalan Cendrawasih, dekat dengan pertigaan jalan Baji Gau. Seperti toko perlengkapan menjahit pada umumnya, toko Sutra Jaya menjual beraneka jenis benang, jarum dan kancing. Toko ini juga melayani jasa obras, neci dan memasang kancing bungkus.

Happy Sewing and Crafting!
_Naya_

26 Comments

  1. Mutia Dewi

    Salam kenal, mbak. Saya Mutia. Semoga bisa sharing nantinya. Makasih atas infonya ya. Bermanfaat sekali. Saya baru mau mulai belajar jahit. Belum setahun di Makassar. Hari ini saya ke Harapan. Bener-bener perjuangan ya. Tokonya rame minta ampun. Tapi seneng banget karena alat-alatnya lengkap sampe pusing liat barang2nya. Wakakaka.. O iya, saya mau tanya toko yang menjual mesin jahit dengan harga yang gak terlalu tinggi di mana ya?

    • naya

      salam kenal juga mbak…
      hahaha memang betul, pergi ke toko harapan itu effortnya luar biasa ^^
      setau saya, toko mesin jahit ada 2 di makassar. Semuanya ada di jalan sulawesi. yang pertama namanya “mewah” yg kedua lupa namanya (ada diseberang toko roti holand). sebelah kanan jalan pokoknya.
      kalau soal harga, saya kurang tahu mbak..

  2. Makasih infonya Mba 🙂

    Saya baru 2 bulan di Makassar, mau tanya, Mba tau tempat kursus jahit di makassar yang waktunya fleksibel ga Mba?

    Terima kasih sebelumnya 🙂

  3. brenda

    mbak mau nanya, kain di grand monalisa berapa permeter? wolfis atau katun contohnya. bisa dibeli permeter kan?

  4. Salam kenal,,sy dr polman mw tanya klo toko kain yg bs beli dlm jumlah besar dan lengkap alamatx dimana ??
    InsyaAllah rencana mw buka toko kain..

  5. acintya

    maaf Mbak, mau tanya di makassar ada nga pengrajin yg beli kain-kain potongan sisa.
    Klo di Jawa sih, kain potongan ini dibuat sarung bantal kursi, alas kaki, hiasan tutup dispenser, dll.
    Apa di makassar ada pengrajin seperti itu?
    Mohon infonya dong

    • naya

      kerajinan bouqet itu yg gimana yah? merangkai bunga atau bikin buket bunganya (dari pita2) gt? klo pita2 plg lengkap di toko harapan yang didalam pasar sentral…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *