Sew Along Dompet Handmade : Bisban dan Finishing (5)

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Dompet Handmade

Dompet Handmade

Alhamdulillah, akhirnya sampai juga dibagian paling akhir dari tutorial membuat dompet handmade yang panjjaanngg leebbarrr ini setelah berjuang untuk menjahit dengan rapi, pergi pagi-pagi ke toko alat jahit untuk membeli risliting mumpung anak shalehnya belum bangun, dan mendedel jahitan disana sini. Ah, terbayar semua dengan hasilnya yang bagus (memuji karya sendiri ^^v). Semoga yang baca dan liat gambarnya tidak ngantuk #sodorinkopi. Yuk langsung dimulai saja….

button-1

Sebelum memasang bisban, perhatikan jenis penutup dompet apa yang akan digunakan. Disini saya menggunakan kancing magnet, jadi saya memasang manget tersebut pada tepi binding (kain B) yang telah disatukan dengan staplek (kain A) dan kain bagian luar dasar (kain D) – lihat bagian akhir dari menyusun dasar dompet disini. Saya juga membuat “lidah” dari berukuran 7 x 4 cm sebagai tempat untuk kancing magnet pasangannya. Lidah ini saya jahit di tepinya sedikit saja agar tidak bergeser. Nanti jahitan ini akan tertutup oleh jahitan binding kok.

finishing

Satukan semua bagian yang telah dibuat. Pasang bagian dalam dasar dompet (C) dengan bagian luar yang telah disatukan dengan biding dan staplek. Susun juga bagian card slot dan zip pocket  kemudian sematkan dengan jarum pentut agar tidak bergeser. (kalau saya, sekalian saya jelujur biar lebih mentep).

Membuat Binding

dari kain bisban 85cm x 4 cm yang telah dibuat sebelumnya, bagi 2 dan tekuk. Rapikan dengan menyetrikanya. Buka tekukan tersebut dan pertemukan kedua tepi bisban tepat ditengah garis tekukan (lihat gambar diatas deh). Setrika kembali dengan rapi

Lipat kembali menjadi seperti gambar diatas, dan setrika agar rapi.

Memasang bisban

Buka lipatan kain bisban yang sudah disterika. Pasang bisbannya dari bagian sisi yang nantinya jadi penutup dompet, jadi lipatan sambungan bisban nantinya tidak terlalu terlihat karena tertutup oleh penutup dompetnya. Pasang bagian baik bisban berhadapan dengan bagian baik dari luar dasar dompet (D).  Jahit dengan mesin jahit. Gunakan garis lipatan memanjang pertama dari kanan sebagai panduan saat menjahit. Sebelum mencapai batas sudutnya, ukur jarak 1 cm dari arah pinggir, tandai. Jahit sampai batas titik yang telah ditandai, lalu jahit menyerong keluar, jangan lebih dari 45 derajat untuk mematikan jahitan.

Lipat bisban ke arah luar sehingga mendapatkan lipatan diagonal.

Lipat kembali ke arah dalam sejajar pinggiran dompet. 012714_0632_SewAlongDom3.jpg

Mulai lagi jahitan dari batas atas sepinggir mungkin. Terus jahit sampai mendapat sudut kembali, dan lakukan teknik yang sama dalam memasang binding pada sudut. Jika sudah mencapai ujung bisban satunya lagi, timpa ujung bisban terakhir di atas ujung yang pertama. jangan lupa melipat sedikit ujung bisban pertama. Saya melipat serong, supaya tidak terlalu tebal gumpalannya saat menutup bisban nantinya

Lipat bisban ke arah dalam. Siapkan jarum tangan dan benang jahit. pasang dobel benangnya supaya kuat. jahit som sepanjang bisban, atau blind stitch (jahitan tersembunyi).

Cara menjahit blindstitch bisa diintip di youtube

[embedplusvideo height=”180″ width=”320″ editlink=”http://bit.ly/M6Nvj9″ standard=”http://www.youtube.com/v/9wdC1_1_cx0?fs=1″ vars=”ytid=9wdC1_1_cx0&width=640&height=360&start=&stop=&rs=w&hd=0&autoplay=0&react=1&chapters=&notes=” id=”ep7897″ /]

ketika sampai pada sudut lipat bisban seperti gambar dibawah

IMG_9876

Dan memasang bisban sudaaahhh dan otomatis bikin dompetnya juga selesai sudaaahhhh….. yeeyy!!! *lapkringet

Happy Sewing

_naya_

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *