Sew Along : Dompet Handmade (1)

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

1377482_10152100121471878_1345343193_n

Barang-barang handmade saat ini mulai banyak sliwar-sliwer di feed facebook saya. Liat yang cantik, langsung pengennn.. hee tapi untuk belinya masi belum mau karena harganya lumayan – merasa bisa bikin sendiri. Untuk produk yang berbentuk tas kain, saya sendiri sudah pernah membuatnya. Sedangkan untuk bentuk dompet, belum pernah sama sekali.

Ketika salah satu grup di facebook lagi bikin event sew along untuk bikin bifold wallet, langsung aja deh saya daftar. Jadi nanti pesertanya jahit bareng dengan menggunakan tutorial yang sama, dan menghasilnya produk akhir yang wujudnya sama. Di akhir event tersebut, peserta wajib mempublikasi hasil karyanya. Event ini dimulai tanggal 20 – 27 Januari tahun 2014. Untuk daftar bisa lihat disini.

Step pertama hari ini adalah mengumpulkan materi/ bahan yang akan digunakan :

bahan-dompet

  1. Kain 3 macam motif ukuran fat quartet (45 x 55). Itu ukuran minimalnya sih. Bisa juga lebih. Disini saya pake 1 kain biru motif kartun, 1 kain polka warna putih, dan 1 kain pink polos. Semuanya bahan dari katun. Bisa juga menggunakan bahan linen (tapi saya tidak punya), ataupun kombinasi katun dan linen.
  2. Resleting 20 cm (belum punya, besok beli)
  3. Penutup dompet bisa pake kancing ketip, kancing magnet atauput tali karet dengan kancing
  4. Bahan pelapis dompet, seperti kain staplek/kain keras, 260 gram, dan kain viselin. Untuk kain staplek dan viselin mudah didapatkan di toko peralatan menjahit local terdekat. Kalau batting yang saya gunakan adalah yang impor. Biasanya beli di online shop. Jika tak memungkinkan, sebagai penggantinya bisa menggunakan dakron lembaran yang tebal atau busa ati/busa eva/spon ati. Disini saya akan menggunakan staplek, viselin, dan kain felt sebagai pengganti kain busa.
  5. Label, kancing, renda, atau bahan tambahan untuk aksesorisnya (opsional)

Alat-alat yang dibutuhkan :
Mesin jahit, benang jahit dengan warna yang sesuai, jarum jahit tangan, jarum pentul, alat pemotong (gunting kain atau rotary cutter dan mattnya), penggaris, alat tulis, setrika.

Itu dulu untuk hari ini. Besok akan dilanjutkan dengan mengukur dan memotong kain.

Happy Sewing!!
_naya_

PS: tutorial lanjutan bagian mengukur dan memotong kain bisa lihat disini

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *