Pola Dasar Baju Menyusui

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

 baju-busui

Here is the situation :  Kita hendak menyusui, tapi sedang ada di luar rumah. Entah itu ikut arisan ibu-ibu atau pergi belanja ke mall. Nggak bisa gitu aja kan buka baju. Lain halnya dengan dirumah yang lebih bebas. Tinggal masuk kamar berdua sama si baby. Kalau sedang diluar, sebisa mungkin menggunakan penutup misalnya nursing apron. Saya sendiri sih lebih suka nutupin pake jilbab yang lebar. Agar lebih mudah prosesnya, baju umumnya dipilih yang menggunakan kancing depan. Tapi ada juga inovasi baju menyusui yang tidak menggunakan kancing depan, namun memiliki bukaan menyusui yang lebih mudah dibuka (tidak perlu repot membuka kancing) sekaligus “tersembunyi” sehingga tidak perlu khawatir terbuka atau kelihatan orang.

Baju yang saya jahit  memiliki bukaan menyusui disamping (dekat ketiak). Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah. Jadi pada bagian badan depan terdapat 2 layer kain yang saling bersilangan.

2014-12-19 11.39.55

Untuk membuat bukaan menyusui pada bagian samping, saya memodifikasi pola dasar badan atas bagian depan sebagai berikut :

 2014-11-26-17.30.13

  • Pola dengan garis merah (A-B-D-E-F-H-I) merupakan pola badan depan bagian luar
  • Pola yang diarsir (A-C-D-E-G-H-I) merupakan pola badan depan bagian dalam
  • Lebih baik menggunakan bahan yang melar seperti spandek atau jersey. Kalau menggunakan bahan katun seperti yang saya buat diatas, sebaiknya dibuat longgar bagian dada agar bagian dalamnya dapat ditarik/dibuka.

#ukuran diatas menggunakan baju size M, jadi kalau ukurannya berbeda silahkan disesuaikan sendiri :p

Happy Sewing!
_naya_

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *