Handmade Mei Tai Baby Carier

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

mei_tai6 Mulai project menjahit lagi nih, setelah vakum beberapa saat karena lebaran. Kali membuat baby carier. Saat ini, saya masih menggunakan boba wrap, dan mulai terasa kurang nyaman. Selain Hasan yang semakin berat, bocil pintar yang satu ini sudah semakin tinggi, sehingga kalau digendong didapan model babywrap gitu, kakinya menghalangi jalan dan kepalanya nutupin wajah saya. Oleh karena itu, saya berniat membuat gendongan belakang, jadi nantinya dia dipanggul dipunggung saya saja. Kayanya bisa juga nih diajak nyepedah. Belakangan saya males nyepedah keliling kompleks sambil gendong Hasan pake boba karena dalam posisi gendong depan sambil nyepeda itu kepalanya beneran menghalangi pandangan saya.

Dulu, saya sempat menemukan tutorial membuat baby carier, dan langsung saya simpan di pinterest saya. Ternyata berguna juga buat sekarang.

Dengan kain lebar 150cm diperlukan kain sepanjang 1,5 meter. Sedangkan kalau kainnya lebar 115 diperlukan 2 meter. Mula mula, potong kain sesuai dengan pola dibawah ini. Perhatikan ya, kalau bagian yang panjangnya 20 inch itu diletakkan pada kain yang terlipat sehingga bentuknya mirip huruf  Y setelah digunting.

pattern for making Mei Tai baby carrier

Selain itu, potong juga kain berukuran 10 inch x 60 inch (tergantung gendut apa engganya si penggendong. Kalau gendut ya ditambahin panjangnya jadi 10 x 80 inch ) sebanyak 3 buah (2 buah untuk bagian bahu dan 1 buah untuk bagian pinggang). Kain ini kemudian dijahit pada sisi yang panjang kemudian dibalik. Bisa juga ditambahkan busa pelapis agar lebih empuk. Busa pelapis yang digunakan berukuran 4,5 x 20 inch sebanyak 2 buah (untuk bagian bahu) dan 4,5 x 28 inch untuk bagian pinggang. Untuk bagian bahu, busa pelapis tersebut dipasang pada salah satu ujung ban, sedang untuk ban bagian pinggang, busa pelapis dipasang dibagian tengah. Jahit busa pelapis pada ban tersebut agar tidak bergeser. Jahit juga berbentuk 2 garis  sejajar disepanjang ban, agar rapi dan tidak bergelembung.

mei_tai2Susun bagian body dengan bagian ban bahu seperti pada gambar diatas. Jahit keliling bagian body dan sisakan bagian bawahnya terbuka. Balik, kemudian baru jahit bagian bawahnya.

pattern for making a Mei Tai baby carrier

Tambahkan jahitan berbentuk kotak dan silang seperti pada gambar diatas untuk memperkuat sambungan antara ban dan bagian body.

Pasangkan bagian ban pinggang dengan bagian bawah body dengan jahitan berbentuk kotak seperti pada gambar diatas.. tralalaaaaa… selesaiii….

(yang saya bikin saya tambahin aplikasi batik ben luwih njowoni)

2013-09-27-19.20.35

Happy sewing!

_naya_

*gambar pola diambil dari sini http://myinnerneedtocreate.blogspot.com/2011/05/handmade-mei-tai-baby-carrier.html

*instruksi pake meitai bisa dilihat disini http://babyhawk.com/Instructions/

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *