Calendar Cats Cross Stitch Kit (part 1 : February Cat)

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Ini adalah hobby lama bersemi kembali.

Kristik! Atau bahasa keren sononya cross stitch.

Pas di rumah ibu saya di Cilacap, saya menemukan kit kristik orchid milik ibu saya yang belum selesai juga setelah sekian tahun lamanya. Mbuh sampai kapan tu proyek bakal diselesaikan heheee… Berangkat dari sana, saya jadi cari-cari OS yang jualan kristik, Ah, dasar ibu-ibu sukanya belanja! Ternyata pola yang ada jaman sekarang udah berbeda dari yang dulu-dulu. Udah engga jadul dan jauh lebih variatif.

calendar-catsPola maupun kit yang dijual di kebanyakan OS adalah import dari china, korea, ataupun US. Sedangkan produk lokal merk orchid sepertinya sudah cukup sulit dicari. Perbedaan yang utama dari produk import tersebut adalah bahan utamanya. Kalau orchid dahulu itu menggunakan plastik strimin dan benang wol, sedangkan yang model sekarang menggunakan kain aida dan benang sulam.

Setelah menjelajah beberapa online shop, akhirnya saya memutuskan untuk membeli 2 buah kit mini China. Pola lengkapnya ada 12 kucing. Namun tersedia pula pola untuk setiap kucingnya. Saya membeli kucing february dan kucing September yang menurut saya paling imut dan kiyut 🙂 Pengennya sih, nanti klo dua project ini udah selesai, saya mau beli lagi kit kucing maret dan kucing juni. Soalnya wagu kalau dipajang di dinding cuman 2 pigura kucing kecil ukuran 20×20 cm.  Untuk setiap kit ini, saya mendapatkan kain aida, benang sulam yang diperlukan dan jarum. Jadi langsung siap jahit aja. (kalau gunting kan udah punya dirumah masing-masing, jadi tidak ada di dalam kit yaaaa)

2013-09-03 21.33.04Apasih itu kain aida? Kain aida tuh kain yang sudah ada lubang-lubangnya kecil sehingga untuk membuat tusuk silang menjadi lebih mudah dan simetris. Beda lho sama kain strimin yang banyak dijual di toko kain. Kain aida ini bener-bener presisi kotaknya dan lebih kaku, sehingga tension sulaman kita lebih seragam. Kain aida memiliki banyak ukuran mulai dari 11ct, 14ct, 18ct, 24ct, hingga 32ct. Angka disitu menunjukkan banyaknya kotak dalam 1 inch. Misalnya 11ct berarti dalam 1 inch terdapat 11 kotak. Makin besar angkanya, otomatis ukuran kotaknya akan semakin kecil-kecil karena jumlah kotak per inchnya semakin banyak.

2013-09-04 00.23.34

Dimulai dengan membuat garis bantu untuk setiap 10 kotaknya. Kemudian langsung deh siap bikin “xxxxxxx”nya….. Saya memulai dari bagian tengah, yaitu bagian lope-lopenya 🙂

2013-09-06 23.35.17

Badan kucing bagian luar

2013-09-09 20.14.35

Blocking warna putih untuk bagian dalam si kucing. Agak susah juga rupanya karena, terdistorsi dengan tusuk yang ada di sekitarnya yang berwarna krem dan ecru.

\2013-09-20 20.24.34

Bunga mawarnya udah dibikiiinn…….. kurang backstitchnya aja nih…..

2013-09-22 15.05.53

Taraaaa.. dah itulah hasil jadinya setelah dibackstitch… Lucu dan kiyut banget 🙂

Happy Cross Stitching!

_naya_

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *