Bolu Kukus Dalmation (Resep serba 200)

foodpic3668037

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Orang bilang, bolu kukus itu merupakan  kue yang ada kutukannya. Gimana enggak, meskipun udah dibuat sesuai dengan petunjuk resep persis pleek, tapi ada saja yang membuatnya  enggak mau merekah. Kakak ipar saya misalnya. Dahulu kakak saya ini sering sekali membuat bolu kukus dengan sempurna, sampai suatu titik dimana bolu kukusnya datar semua alias mingkem berjamaah. Dan kejadian itu berulang terus sampai sekarang tanpa sebab yang jelas. Ada yang tahu kenapa?? Padahal resep dan caranya sama persis dengan yang sebelumnya pernah dibuat dengan sukses.

Saya sendiri termasuk orang yang lucky dalam masalah per-bolukukusan-an. Alhamdulillah, bolu kukus saya belum pernah manyun… semuanya selalu tertawa lebar hehehee #jumawa 😛 Resepnya saya dapatkan dari milis NCC yang sangat mudah untuk diingat karena bahannya serba 200 . Monggo silahkan dibaca :

Bahan :
200 gr   gula pasir
2 btr      telur
200 gr   tepung terigu
200 ml  air soda (misal: Sprite)
1 sdt     emulsifier (misal: Ovalet)

Cara membuatnya:
taruh semua bahan dalam wadah, kocok dengan hand mixer sekaligus hingga kental. (kalau saya sih, kocok telur, gula pasir dan ovalet hingga kental dan mengembang dulu, baru kemudian masukkan soda dan menambahkan terigu dibagian akhir)
Ambil sebagian, beri warna sesuai selera (yang ini saya skip, saya ganti dengan memasukkan meses kedalam adonan biar bintik-bintik)
Tuang kedalam cetakan bolu kukus yang telah dialasi kertas, adonan putih dan adonan warna.
Kukus dalam dandang yang telah beruap banyak selama 20menit. Pastikan udah bener bener panas dan beruap yaa!! jangan dibuka sebelum 20 menit 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *