Mulai Belajar Membaca Iqro

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Belajar iqro untuk balita
Saya dan abu hasan berencana untuk mengajarkan hasan menghafal dan membaca alquran terlebih dahulu sebelum mengajarkannya membaca buku latin. Meskipun yah, dalam implementasinya tidak sekaku itu. Saya masih tetap mengajaknya membaca buku-buku cerita berbahasa indonesia.

Untuk proses belajar membaca tulisan arab, saya menggunakan metode iqro. Soalnya taunya cuman itu. Awalnya saya menggunakan aplikasi iqro di handphone android saya. Ternyata menggunakan aplikasi ini cukup mengganggu konsentrasi belajar. Hasan malah jadi tertarik untuk membalik balik halaman iqro yang ada di handphone. Selain itu, iklan yang ada di layar pun kadang menarik minat anak untuk mengkliknya. Bubar deh belajarnya.

Karena saya sendiri belum sempat pergi ke toko buku untuk membeli iqro, maka saya menuliskannya di selembar kertas. Ternyata metode ini cukup efektif juga untuk saya dan hasan. Selain karena menunjuk hurufnya lebih enak, saya pun bisa membacanya tanpa kacamata hehehe (mata udah tua niihhh). Saya memberi reward kepada hasan beruba bintang jika dia berhasil membaca satu lembar kertas itu dengan benar. Cuman bintang aja ternyata sudah bikin anak kecil senang hehehehee…

Happy Learning!
_naya_

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *