Kebun Impian

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Kebetulan bangettt… saya dan abuhasan ternyata memiliki kesukaan yang sama, yaitu berkebun (dan main game :p) yang baru saya ketahui setelah menikah 🙂 Kami memiliki cita-cita memiliki rumah dengan halaman yang luas agar bisa berkebun. Rumahnya kecil ngga papa, asal kebunnya luas. Kami juga pingin jadi petani di kemudian hari… Mudahkan ya Allah…. Saya pingin menuliskan kebun impian saya disini yah, biar abuhasan baca dan mewujudkan keinginan saya terrecord dengan baik kalau di kemudian hari sudah memiliki kebun sendiri.

Pohon Buah-buahan

avocado

Saya pingin punya kebun yang bisa ditanami pohon alpukat dan pohon kurma. Alpukat itu selain enak, ternyata manfaatnya banyak banget. Selain buahnya bisa dikonsumsi langsung, alpukat ternyata bisa diolah lebih lanjut menjadi minyak terbaik. Minyak alpukat! Baca deh tulisannya ustadz Muhaimin Iqbal tentang alpukat ini.

pohon-kurma-di-masjid-al-barkah-bekasi-dipanenSoal kurma, memangnya bisa kurma tumbuh di Indonesia. Bisa dong! Malah udah ada yang berbuah kok.  Itu yang digambar adalah pohon kurma yang sedang berbuah di bekasi. Di daerah lainpun juga banyak orang mulai menanam kurma. Sok dah lihat aja para pengiat kurma yang aktif di Indonesian date palm association. Al Quran juga menyebut-nyebut tanaman ini, berarti insya Allah tanaman ini akan membawa manfaat bagi manusia.

“Tidak akan lapar penghuni rumah yang memiliki kurma” (HR Muslim, Hadits no 3811)

dan ini

“Wahai ‘Aisyah ! rumah yang di dalamnya tidak ada kurma, maka penghuninya akan lapar. Wahai ‘Aisyah ! rumah yang di dalamnya tidak ada kurma, maka penghuninya akan lapar” Beliau mengucapkannya sebanyak dua atau tiga kali”(HR Muslim, Hadits no 3812)

Gimana caranya biar bisa punya pohon kurma? Dari biji kurma yang biasa kita makan juga bisa kok. Cuman kendalanya adalah kita tidak bisa mengetahui jenis kelamin si pohon kurma  hingga dia berusia dewasa. Jadi kalau pengen punya pohon kurma, minimal ada sepasang yah.

fig

Oh iya, saya juga pingin punya pohon buah tin/ fig. Kebetulan pohon buat tin ini sedang ngetren di kalangan hobiis tanaman saat ini. Kalau saya sendiri sih bukan karena pingin ikutan tren, tapi karena pohon ini aja dijadikan salah satu surat dalam Al Quran, pasti pohon ini pohon juara!

Sayur-sayuran

kunci-sukses-budidaya-hidroponik-bertingkat

Pingin punya dua plot untuk area sayuran. Plot sayuran daun yang ditanan dengan metode hidroponik dan plot untuk sayuran buah + akar yang ditanan secara konvensional. sayuran akar memang ngga bisa ditanam secara hidroponik soalnya.

vegetable-gardening-dh

Di bagian plot yang metode konvensional saya pingin punya kebun wortel, brokoli dan cabai. Oh, dan juga tanaman herb seperti daun bawang, seledri, mint, daun jeruk, kucai, sereh, jahe, kunyit, kencur dan tanaman bumbu lainnya. Jadi kalau butuh, ngga perlu deh beli-beli lagi di pasar.

Taman Bunga

morning-glorysunflower

 

 

 

 

Ngga usah banyak-banyak sih kalau tanaman bunga. Saya cuman kepingin punya sunflower sama morning glory aja

Landscape

Ngga usah ribet sih, ngga harus ada theme tertentu atau pola tertentu. asal ada teras-terasan buat nongkrong sambil lihat kebun. Yang kaya di gambar atas itu kece banget. Duduk nyante, sore-sore sama abu hasan ciiyyyeeee (lalu datang bocah rebutan minta pangku, narik2 kesana kemari, dan mberantakin teras ihik ihik)

Inilah kebun impianku. Kalau kamu?

_naya_

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.