Mencocokkan Gambar dan Warna

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Usaha saya untuk mengurangi kuantitas Hasan menonton tivi sudah mulai terlihat. Awalnya saya mengganti chanel tivi kesukaan Hasan (seperti Hi5 dan kartun-kartun) dengan  acara-acara non anak-anak yang tetap bernilai edukasi seperti bloombergTV, Natgeo, ataupun Alquran Kareem. Selain itu, saya juga mencari-cari kegiatan yang bernilai edukasi tetapi tetap menyenangkan untuk dikerjakan balita.

_1

Kali ini yang mau saya share adalah kegiatan mencocokkan gambar dan warna. Idenya saya dapat dari sini. Ada 6 pasang potongan gambar rumah yang berbeda warnanya.  Potongan tersebut saya letakkan secara random di lantai, kemudia saya meminta Hasan untuk mencocokkan potongan tersebut sesuai dengan pasangannya.  Template peraga untuk kegiatan mencocokkan gambar dan warna bisa diunduh disini.

_2

Awalnya si anak shaleh belum mengerti “ini mau diapain?”. Setelah diberi contoh beberapa kali sambil diarahkan, akhirnya dia mengerti dan dapat mengerjakannya sendiri. Aktifitas ini berjalan sekitar 1/2 jam saja. Selanjutnya?? Potongan puzzle sederhana tersebut ditumpuk tumpuk dan dijadikan target tendangan bola tenis… huahahahahhaa T_T memang ya anak cowok…dia enggak tau ssihhh, emaknya ngabisin waktu berjam-jam untuk cari ide dan bikin alat peraga ini.

Happy learning!
_naya_

PS: potongan gambar tersebut saya buat dengan menggunakan kertas HVS yang kemudian saya tempel diatas softform. Agar lebih awet, potongan tersebut saya “laminasi” dengan menggunakan selotip transparan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *