Bermain pengelompokkan warna

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Alhamdulillah, yang ini adalah alat peraga untuk mengenali dan mengelompokkan benda benda berdasarkan warnanya. Ada delapan warna yang digunakan sebagai dasar pengelompokan yaitu merah, kuning, hijau, biru, oranye, ungu, hitam dan coklat. Setiap warna memiliki 5 buah gambar benda yang nantinya akan dikelompokkan dalam gambar kaleng cat yang sesuai.

Untuk mendownload alat peraga , cukup klik link dibawah ini :

{ Alat peraga untuk pengelompokan warna}

grouping-color2

Untuk kertas bergambar kaleng cat, saya hanya memasukkanya kedalam plastik mika tipis. Sedangkan untuk benda benda kecil warna warni, saya melaminasinya dan mengguntingnya

grouping-color1

Sebagai permulaan, sebaiknya perkenalan 3-4 warna terlebih dahulu. Pada saat pertama kali bermain , Hasan terlanjur mengetahui kalau saya membuat banyak warna warna, sehingga dia ingin membukanya semua. Akhirnya malah Hasan terlihat frustasi dengan banyaknya item yang bertebaran. Jumlah warna bisa ditambah seiring dengan kemampuan anak nantinya. Selama bermain, anak juga bisa diperkenalkan dengan nama-nama barang yang ada (melalui cerita) sekaligus fungsi ataupun informasi lain mengenai barang tersebut.

Happy learning!
_naya_

3 Comments

    • naya

      kayaknya 2 tahun ++ mbak, kalau sudah bisa memahami instruksi sederhana… klo masih satu tahunan, kayaknya belum mengerti ya mak. tapi gak ada salahnya ibunya mulai sering2 cerita2 dan ngoceh2 untuk menstrimulasi kosakatanya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *