Puding Labu Kuning Lapis Susu

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

foodpic4047423Bertemu kembali dengan chef nayaaa *pasang topi chef, rapikan kerah* hehehee ^^v

Resep yang mau saya share kali ini adalah puding dari labu kuning. Labu kuning ini merupakan salah satu item yang sering diberikan kepada anak anak. Karena selain rasanya yang manis dan lunak kalau sudah dimasak, sebenarnya labu kuning ini baik lho untuk kesehatan mata karena mengandung beta karoten, seperti pada umumnya sayuran yang memiliki pigmen oranye kuning. Beta karoten ini nantinya kalau sudah dicerna oleh tubuh kita akan  berubah menjadi vitamin A. Serat yang dikandung labu kuning juga tinggi, jadi insya Allah bisa mengurangi resiko sembelit pada anak. Kalau bosen ngolah labu kuning dengan dikukus atau dibikin kolak, ini nih bisa salah satu alternatifnya.

Bahan  A :
250 gr labu kuning (waktu saya bikin ini labu kuningnya tyt 275 gram… ya tetep tak pake semuanya)
250 ml air
2 sdm gula pasir
3,5 gr agar-agar putih (1/2 bungkus)

Bahan B :
300 ml susu cair
3 sdm gula pasir
3,5 gr agar –agar putih (1/2 bungkus)

Cara membuat :

Kukus labu kuning hingga lunak. Haluskan dengan menggunakan blender bersama bahan A lainnya hingga benar-benar halus.

Panaskan bahan tersebut dalam panci hingga mendidih. Tuang dalam loyang agar-agar.

Selagi menunggu adonan A agak dingin di dalam loyang agar-agar, campur semua bahan B dalam panci dan masak hingga mendidih. Tuang keatas loyang kalau bahan A sudah ada lapisan tipis dibagian atasnya. Sedikit tips agar bahan B tidak nyampur dengan bahan A adalah dengan menuangnya perlahan pada tepi loyang. Jangan dituang langsung dibagian atas adonan A.

foodpic4047413

Tunggu hingga adonan dingin. Kalau engga sabaran buat makan, biar cepet mengeras bisa ditaroh di dalam baskom yang berisi es —–> tips sesat dari orang yang ga sabar pengen makan puddingnya kaya saya. heheheheee….

Actually, saya belum punya ide mengenai vla yang pas buat puding ini. Klo vla susu, jelas g pas karena pudingnya udah ada lapisan susu. Vla coklat lebih ga nyambung lagi.. enaknya apaan yaaa *masih mikir* ada yang punya ide??

happy cooking!

_naya_

 

 

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *