Otak Otak Tenggiri

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

otak-otak2Di Makassar, makan ikan sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Masyarakat sini menganggap belum lengkap menu di meja makan kalau tidak ada ikan. Biasanya, saya membeli ikan untuk konsumsi sehari hari di lelong alias tempat pelelangan ikan di jalan Rajawali. Kemudian, akhirnya saya tahu juga tempat lain yang lebih murah untuk membeli ikan yaitu di pelabuhan paotere. Lokasinya cukup jauh dari rumah saya. Mungkin ada sekitar 30 menit dengan menggunakan motor. Tapi demi menghemat pengeluaran dan mendapatkan ikan dengan kualitas yang lebih baik, rasanya cukup worth untuk kembali berbelanja di tempat tersebut.
Di pelabuhan paotere ini, saya menemukan seorang penjual ikan tenggiri yang sangat segar. Kualitasnya diatas ikan tenggiri yang biasa saya beli di lelong. Pilihannya pun lebih banyak, mulai yang ukuran “kecil” sekitar panjang 60cm atau yang besar entah satu meter lebih.
Ikan tenggiri biasanya saya olah menjadi siomay ataupun tekwan. Kali ini saya mencoba membuatnya menjadi otak-otak. Otak-otak merupakan salah satu hidangan khas makassar, yang mana terdapat sedikit perbedaan dengan otak-otak jakarta. Otak-otak jakarta menggunakan saus kacang sebagai pendampingnya, sedangkan otak-otak makassar menggunakan saus petis sebagai temannya.

Bahan :

  • 500g daging ikan tenggiri digiling
  • 150 ml santan
  • 2 butir putih telur
  • 1 sdm gula pasir
  • 3 butir bawang putih dihaluskan
  • 2 batang daun bawang dipotong halus
  • 250 gr tepung tapioka
  • garam secukupnya
  • daun pisang secukupnya untuk membungkus (potong kira-kira 20 x 20 cm)

Cara Membuat :

  • Aduk ikan giling bersama santan, putih telur, bawang putih, daun bawang gula, dan garam.
  • Masukkan tepung tapioka, aduk hingga tercampur rata.

otak-otak1

  • Tarung 2 sdm adonan pempek diselembar daun pisang, bungkus memanjang dan semat ujungnya. Kukus hingga matang (bisa juga dilanjutkan dengan di bakar untuk memberi aroma smoky)

otak-otak3

Hasil otak-otaknya memuaskan bagi saya. Kenyal dan rasa ikannya pas. Sedangkan untuk resep saus petisnya saya sendiri sudah mencoba-coba menerka bahannya, tapi belum mendapatkan komposisi rasa yang pas dilidah. Adakah yang tahu resep rahasianya? Monggo dishare 🙂

Happy Cooking

_naya_

10 Comments

  1. ejakk

    Disini jg sama nay, ngga ada ikan ngga ada lauk. Tp berhubung aku lbh suka ikan ya enak2 aja 😀
    Pas bgt ni resepnya buat bekal gozi, aku lupa e ada makanan namanya otak2 >.<
    Itu pakai aluminium foil aja gpp kn? Trus masuk freezer tahan brp lama ya? Kalo santannya dimasak dulu ngaruh ngga jd lbh awet gtu?
    Btw disini banyak yg jual ikan tengiri dah gilingan, jd ngga tau jg kualitas ikannya gmn. Tapi berhubung lbh simpel yo ttep milih yg itu aku 😀

    • naya

      pake aluminuim foil gak papa lah Mah… cuman klo aku pk daun pisang karena lebih irit wong disebelah rumah ada hahahaa….

      menurutku ketahanannya sama deh kaya nugget homemade gitu lah, paling sebulanan. gak pernah lebih dari itu, wong laris manis 🙂
      kan habis dicampur ke ikan, santannya melu dikukus juga to Mah, mateng juga akhire kan?

  2. ejakk

    aku dah nyoba nay… :kiss
    rasanya enak, tapi masih terlalu keras e buatku (secara giginya jelek smua >.< hehee)
    bsok mw nyoba lg setelah proyek pempek pake biang (ini juga karna klo pake resep asli giginya ga kuat, hahaayy)

  3. hotma

    Salam kenal Mba… Mba saya baru 2 bln di Makassar, lelong Potere kl dr lampu merah yg ada mesjid(bawakareang) itu kemana lg Mba? Besar ya Mba tempat penjualannya? Terimakasih sblm-nya.

    • naya

      kalau dari arah jalan veteran, sesampainya di perempatan masjid agung itu terus aja mbak (klo gak salah namanya jalan bandang). Nanti sampai mentok pertigaan belok kiri mbak. Nanti ada perempatan, mbak belok kanan. Jalannya agak jelek mbak. Terus aja sampai mbak lewati terowongan dibawah jalan tol mbak… belok kanan dikit, terus langsung belok kiri. Ikutin aja jalan ini mbak, nanti paoterenya ada di kiri jalan. Kalau bingung, ikutin aja motor2 pedagang ikan (biasanya bawa kotak styrofoam buat simpen ikan) yang sliweran disini 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *