Oat and Cinnamon Pancake

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

foodpic5713249

Oat.

Sebenernya sih salah satu sumber karbohidrat yang menyehatkan karena banyak mengandung serat. Tapi oat ini selain rasanya kurang enak, juga agak susah ditelan alias seret. Penyajiannya yang hanya dicampur dengan susu hangat dan buah-buah atau kacang-kacangan ternyata masih cukup membuat seret di tenggorokan. Kebiasaan makan nasi kali ya, jadi ganti karbo beginian agak sulit. Istilah gaulnya susah move on.

Belum menyerah, saya coba bertanya pada syeikh google dan mendaratlah saya di situsnya martha steward kalau tidak salah. Salah satu olahan oat yang menarik bagi saya adalah Oat and Cinnamon Pancake alias pancake dengan oat dan kayu manis. Ini dia resepnya dengan sedikit modifikasi dari saya

1 cup tepung terigu (240 ml –> anggap aja 1 gelas belimbing deh :p)

1 cup oat (separuhnya diblender biar halus, separuhnya lagi biarin berbutir kasar biar ada texturenya)

1 cup susu cair (saya pakai merk dan**w)

1 butir telur

baking soda

2 sdt gula pasir

2 sdm minyak sayur

1/4 sdt kayu manis bubuk

1/4 sdt garam

Membuatnya sanggaaatttt mudaaahh… Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Panaskan wajan teflon. Ambil sekitar 2 sendok sayur adonan dan tuangkan ke wajan teflon. Biarkan sampai atasnya muncul gelembung-gelembung. Intip bagian bawahnya. Kalau sudah kecoklatan balik pancake, dan tunggu sampai matang. Lakukan hal yang sama untuk adonan yang tersisa. Hasilnya sekitar 4 pancake.

Untuk penyajiannya saya beri topping madu dan potongan mangga. Bisa juga dengan topping lainnya seperti pisang ataupun keju.

Happy Cooking!
_naya_

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *