Kue Biji Nangka Khas Bugis

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Kue Biji Nangka

Kue Biji Nangka

Meskipun sudah lebih dari lima tahun tinggal di Makassar, namun saya belum pernah mencicipi kue khas bugis yang bernama kue biji nangka. Jangankan mencicipi, melihatnya saja pun belum pernah sama sekali. Ketika kemarin di beranda media sosial saya, bermunculan postingan mengenai kue tradisional ini dari salah seorang penjual makanan rumahan di Makassar, saya menjadi tertarik untuk membuatnya. Warnanya yang kuning berkilau terlihat sangat menggoda. Kue ini umumnya disajikan saat ada hajatan pernikahan, meskipun yah beberapa kali saya datang ke pernikahan di Makassar belum pernah tuh lihat kue ini hihihihiii….

Saya kemudian melakukan pencarian resep pembuatan kue. Saya menggunakan resep dari blog teman saya, Kak inar sebagai referensi utama dengan menggunakan sedikit perubahan.

Resep Kue Biji Nangka Khas Bugis

Bahan :
A
500 gram kentang, kukus, haluskan dengan ulekan (jangan dengan blender)
75 gram kenari, sangrai, haluskan dengan blender
4 sdm gula pasir
1/8 sdt garam

B
2 buah kuning telur bebek (saya lagi ngga punya, jadi pake telur ayam biasa)

C
200 gram gula pasir
100ml air putih
daun pandan
1/2 buah jeruk nipis, ambil airnya

Cara Memasak :

  1. Campurkan bahan A diatas wajan teflon. Masak dengan api kecil sambil terus menerus diaduk hingga set dan mudah dibentuk. Bentuk menyerupai biji nangka.
  2. Aduk kuning telur pada bahan B dengan menggunakan lidi. Tujuan penggunaan lidi adalah agar kuning telurnya tidak menjadi terlalu cair. Jika menggunakan garpu, maka kuning telur akan menjadi lebih cair dan nantinya tidak terlalu menempel pada adonan.
  3. Celupkan adonan biji nangka yang pada kuning telur.
  4. Buat sirup gula dengan menggunakan bahan C. Setelah sirup gula mendidih, masukkan biji nangka. Masak hingga telur di bagian luar matang dan gula menyelimuti kue biji nangka. Jangan terlalu lama karena adonan bisa menjadi lembek.
  5. Angkat dan sajikan

Happy cooking!

_naya_

 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.