Improved Martabak Terang Bulan

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

2014-09-27-14.39.05

Beberapa kali saya membuat martabak manis / terang bulan dengan menggunakan resep yang ada disini, saya masih sering kurang puas dengan hasil yang didapatkan. Belum mirip plek seperti yang dibuat oleh mas-mas penjual terang bulan dipinggir jalan. Setelah mencoba lebih dari 10x resep-resep dan teknik yang bertebaran di internet, akhirnya saya menemukan kombinasi yang menurut saya paling pas dan oye hasilnya. Berikut ini saya share hasil percobaan  dapur saya :

2014-09-27-14.42.10

Bahan :

170 gram Tepung terigu protein sedang

15 gram tepung tapioka

30 gram gula pasir

1 butir telur

230 ml air

15 gram santal kental (merk kara)

10 gram susu bubuk

4 gram soda kue (dibagi menjadi dua yaitu 3 gram dan 1 gram)

sejumput garam

Topping : gula pasir, mentega, susu kental manis, kacang, keju, meses,

Cara Membuat :

Campur terigu, tapioka, gula pasir, susu bubuk dan 3 gram soda kue. Aduk rata, kemudian masukkan santan kental, air, dan telur. Kocok dengan whisk. Kopyok-kopyok selama 5-10 menit sampai muncul gelembung-gelembung pada adonan. Diamkan selama 1 jam.

Panaskan cetakan martabak yang bagian bawahnya dialasi dengan besi agar tidak gosong hingga panasnya merata. Bisa juga menggunakan happy call yang tebal. Sebaiknya tidak menggunakan wajan teflon biasa karena wajan teflon cukup tipis sehingga martabak akan gosong dibagian bawah, namun belum matang pada bagian atasnya. Campur 1 gram soda kue dengan sedikit air (asal larut), campur kedalam adonan yang telah didiamkan tadi. Aduk cepat, dan tuang kedalam loyang yang sudah dipanaskan. Loyang jangan ditutup selama pemanggangan awal karena dapat menyebabkan bagian atas adonan matang sebelum gelembung udara keluar dari adonan sehingga lubang yang dihasilnya menjadi sedikit.

Setelah hampir matang, taburi bagian atas adonan dengan gula pasir. Tutup loyang agar matang sempurna. Olesi dengan mentega dan taburi toping sesuai selera.

Happy Cooking

_naya_

5 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.