Creamy Potato Soup

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

IMG_9983

I’m picky about potato soup.
Nggak boleh terlalu cair. Harus ada variasi teksturnya.
Nggak boleh terlalu kental juga. Jangan ada kentang yang bergerindil, harus halus

Ada beberapa potato soup enak yang pernah saya makan. Salah satunya di gedung OPP ketika saya bekerja di jakarta. Mungkin juga karena gratisan jadi terasa enak. Kalau buatan saya sendiri bagaimana? Sudah tentu paling enak dong #memuji diri sendiri# hahahaa…

IMG_9972Ambil daging segar, kira kira 50 gram atau sekitar 2 sdm saja. Sedikit aja kok. Selagi masih 1/2 beku, iris tipis tipis seperti daging sukiyaki. Pukul-pukul dengan palu daging agar empuk. Resep aslinya sih pake bacon atau daging asap. Berhubung nggak punya, jadi ya pake bahan yang ada. Kalau g ada daging, bisa juga diganti ayam. Sosis juga bisa 🙂 Yang penting diirisin tipis tipis.
Tumis daging dalam minyak hingga kering bagian tepinya. Sisihkan

IMG_9969

Potong 1/2 siung bawang bombay berbentuk dadu. Potong juga 1/2 buah wortel dan 1 batang seledri (ukuran besar seledrinya).

IMG_9971Kupas kentang dan potong berbentuk dadu berukuran sekitar 1 cm.

IMG_9975Masukkan seledri, bawang bombay, wortel dan kentang ke dalam panci. Rebus dengan kaldu hingga seluruh sayuran terendam. Berhubung saya sedang tidak memiliki stok kaldu, jadi saya memasukkan ceker ayam kedalam rebusan tersebut.

IMG_9978Setelah sayuran lunak, ambil setengah bagian sayuran. Masukkan kedalam blender, dan hancurkan hingga halus. Masukkan hasil blender ini kedalam panci kembali.

Tambahkan krim sekitar 150 ml (bisa juga pake susu cair kok). Tambahkan garam dan merica untuk menambah rasa. Aduk terus sampai mendapatkan kekentalan yang diinginkan. Sajikan hangat dengan daging yang sudah ditumis sebelumnya dan parutan keju.

Happy cooking n eating!

_naya_

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.