Review : The Sewing Book

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

9780756642808Judul Buku : The Sewing Book
Penulis: Allison Smith
ISBN: 978-1405335553
Penerbit: Dorling Kindersley
Ketebalan: 400 halaman
Dimensi: 2.9 x 24.1 x 28.6 cm
Harga: £25.00

Buku menjahit yang paling “WOWW” yang pernah saya baca. Gambarnya full colour disertai dengan penjelasan yang lengkap. Buku ini bisa menjadi referensi yang lengkap untuk penjahit pemula. Setiap proses menjahit ditampilkan dengan gambar yang nyata, bukan dengan gambar ilustrasi sehingga lebih mudah dimengerti oleh pembacanya.

Konten utama dari buku ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu tools, technique, dan project. Dibagian tools, kita disuguhkan informasi alat jahit secara lengkap. Dari yang umum digunakan seperti gunting kain, benang, jarum, pendedel, hingga yang jarang sekali digunakan (bahkan belum pernah melihatnya secara langsung) seperti bias tape maker ataupun  gunting bordir. Tipe-tipe jarum, tipe-tipe benang, tipe-tipe kain dan aksesoris mesin jahit pun dijabarkan dengan gambar dan penjelasan yang detail.

measuring tools

Halaman Tools. Gambar diperoleh dari books.google.com

Pada bagian technique, terdapat 12 bab yang membahas setiap bagian dari baju seperti bab Collar (kerah), Pocket (Saku) dan Facing and  interlining. Dari masing-masing bab tersebut dijabarkan lagi berbagai macam model yang dapat dibuat. Sebagai contoh, dari bab collar  terdapat 4 tipe kerah yang dibuat yaitu flat collar (kerah rebah), stand collat (kerah berdiri), shawl collar dan blouse collar. Setiap langkahnya disertai dengan deskripsi  yang detail dan sangat membantu, mulai dari membuat bagian kerahnya, memberi lapisan, membalik jahitan kerah, menyatukan bagian kerah dengan bagian badan dan menutup jahitan kerah.

technique

Contoh halaman technique. Gambar diperoleh dari books.google.com

Selanjutnya pada bagian Project ,  buku ini memberikan beberapa contoh proyek menjahit sederhana diantaranya membuat sarung bantal, tas belanja, dasi, apron dan rok anak. Sama seperti kedua bagian sebelumnya, proyek yang dicontohkan dibuku ini disertai dengan step by step  yang sangat lengkap.

Terlepas dari detail dan kelengkapan gambar yang merupakan kelebihan buku ini, sebenarnya terdapat beberapa kekurangan yang saya temukan. Ada beberapa bagian gambar dimana bahan yang digunakan dijahit menggunakan benang yang berwarna sama, misalnya pada halaman 109 mengenai menjahit kupnat. Bahan berwarna pink dijahit dengan benang berwarna pink juga. Hal ini membuat bagian yang dijahit nampak kurang jelas. Berbeda sekali dengan gambar pada halaman 192 mengenai cara menjahit lengan baju. Pada bagian ini, kain yang berwarna putih dijahit dengan menggunakan benang berwarna biru. Perbedaan warna ini tentu sangat membantu pembaca dalam memahami proses menjahitnya.

Kelemahan yang lain adalah tidak adanya cara membuat pola baju. Hal ini tidak berkesinambungan dengan adanya bagian dari buku yang memberikan penjelasan cara mengukur badan. Apa gunanya penjelasan mengenai cara mengukur badan namun tidak dinformasikan cara mengubahnya ke dalam pola? Akhirnya pembaca hanya bisa menggunakan pola siap pakai yang dijual untuk mengaplikasikan teknik menjahit yang dijelaskan dibuku ini.

Dua kelemahan tersebut sebenarnya masih tertutupi dengan kelebihan yang dimiliki buku ini. Meskipun harganya boleh dibilang mahal untuk ukuran kantong indonesia, buku ini merupakan investasi yang layak bagi penjahit pemula yang ingin belajar menjahit pakaian secara otodidak.

Happy reading!
_naya_

4 Comments

  1. Roza

    salam kenal mba naya…
    Beli bukunya dimana mba?harganya?
    Satu pertanyaan lg mba…gimana ya caranya klo kita mo buka tutorial dari file pinterest?klo fotonya di klik,koq gak bisa lgsg masuk ke blog ybs ya mba?

    makasih mba naya…

    • naya

      salam kenal juga mbak roza :)
      harganya seperti yang sudah saya cantumkan diatas £25, ada di amazon (ada juga versi 2nd – lebih murah, cuman kena tambahan ongkir), ada juga di http://www.bookdepository.com/ . Kalo yg di bookdepository itu free ongkir :) atau kalau mau versi ebooknya, ada di googleplay, sekitar 300 ribuan hehehehee “mantep” banget yah harganya…

      soal pinterest, klo fotonya di klik kan gambarnya jadi membesar, klik sekali lagi aja untuk membuka halaman blog ybs…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *