Waktu yang Tepat untuk Menasehati Anak

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Untuk membekali diri dalam mendidik anak, saya berniat menulis kembali di blog ini (dengan bahasa saya tentunya) ilmu yang saya  dapat dari buku Prophetic Parenting – Cara Nabi Mendidik Anak (Judul asli : Manhaj at Tarbiyyah an-Nabawiyyah lith Thifl) . Kali ini tentang kapan saat yang tepat dapat memberikan nasehat ataupun pengarahan kepada anak.

Saat Dalam Perjalanan

Dasarnya adalah hadist ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma yang diriwayatkan oleh At Thirmidzi :

….كُنْتُ رَدِيفَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا غُلَامُ

Aku di belakang Nabi Salallahu ‘alayhi wa Sallam pada suatu hari. Beliau bersabda “Hai anak kecil……”

ini menunjukkan bahwa Rasulullah memberikan pengarahan ketika sedang berada didalam perjalanan karena jiwa anak dalam keadaan yang siap dan terbuka dalam menerima nasihat

Saat Makan

Saat makan adalah saat dimana orang tua bisa meluruskan sikap anak yang tidak layak ataupun tidak sesuai adab. Oleh karena itu, sebaiknya orang tua duduk dan makan bersama anak-anak. Dasarnya adalah hadits yang diriwayatkan oleh bukhari dan muslim dari Umar bin Abi Salamah, ia berkata :

Aku masih anak-anak ketika berada dalam pengawasan Rasulullah Salallahu ‘alayhi wa Sallam. Tanganku bergerak kesana kemari dinampan makanan. Rasulullah Salallahu ‘alayhi wa Sallam bersabda kepadaku “hai anak kecil, ucapkanlah basmallah, makanlah dengan tangan kanan dan makanlah apa yang ada dihadapanmu.” Sejak itu, begitulah cara makanku.

Saat Sakit

Ketika seorang anak sedang sakit, ada dua keutamaan yang ada pada anak sehingga dapat meluruskan kesalahan-kesalahannya yaitu keutamaan fitrah anak dan keutamaan lunaknya hati.

Rasulullah Salallahu ‘alayhi wa Sallam memiliki seorang pelayan yang merupakan anak beragama Yahudi. Ketika anak yahudi ini sakit, Rasulullah Salallahu ‘alayhi wa Sallam mengajaknya masuk islam. Padahal sehari-harinya anak ini menjadi pelayan Nabi. Namun, nabi tidak mengajaknya masuk islam, melainkan menunggu waktu yang tepat untuk mendakwahinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *