Robotic untuk Anak-anak oleh RumahYatim dan Institut Ibu Profesional

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Kegiatan  yang lalu, yang mengendap di draft wordpress for android akhirnya dituntaskan lewat komputer juga. Saya memang merasa kurang nyaman mengetik lewat layar hape.
Back to the topic! Seminggu yang lalu, institut ibu profesional cabang sulawesi bersama dengan rumah yatim mengadakan acara jalan sehat dan robotic untuk anak-anak yang berlokasi di RRI Makassar. Kebetulan saya mendaftarkan Hasan untuk acara roboticnya saja.

image

Karena diperuntukkan untuk anak-anak, maka robot yang dibuat pada kegiatan ini masih sangat sederhana. Sebuah robot, umumnya tersusun atas tiga komponen utama yaitu, bagian input, bagian kontrol, dan bagian output. Bagian input umumnya berupa saklar ataupun sensor. Bagian kontrol digunakan untuk mengolah data yang diperoleh dari bagian input. Sedangkan bagian output menentukan aksi robot tersebut. Untuk anak usia SD, bagian inputnya merupakan saklar on/off, sedangkan untuk anak usia SMP menggunakan sensor cahaya.

robotic student

Robot milik Hasan

Robot milik hasan ini terdiri dari saklar on/off yang disambungkan dengan catu daya berupa baterai AA sebanyak 2 buah dan dihubungkan ke dinamo kecil. Dinamo kecil ini akan menggerakkan 4 buah roda yang tersambung dengan “kaki”. Kakinya ini nanti dapat bergerak seperti langkah kaki. Boleh dibilang mirip mobil-mobilkan yang disambungkan dengan “kaki” deh. Dalam proses pembuatannya, Hasan masih dibantu dengan Abuhasan karena instruksinya masih belum dapat dipahami oleh anak seumuran Hasan.

So far Hasan senang dan bangga dengan karyanya. Beberapa kali dia menceritakan robot tersebut pada Eyang, Embah, dan Omnya di Jawa. Belajar ternyata bisa menyenangkan juga toh? Insya Allah, saya akan menceritakan proses belajar Hasan lainnya terkait pembuatan kompos di postingan berikutnya….

Happy Learning!
_naya_

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *