Huruf B untuk Bunga

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Tema belajar minggu ini adalah huruf B. BUNGA…

Dot-a-dot Huruf B dan Bunga

2015-01-16 12.51.07

Lingkaran-lingkaran putih yang ada di worksheet huruf B ini bisa diwarnai dengan spidol, ditaruh pom-pom diatasnya, ditaruh playdough yang dibentuk bulat, atau diletakkan manik-manik/ kancing. Worksheet ini bisa diunduh disini.

Mewarnai hutuf B dan menempel gambar benda berawalan huruf B

2015-01-07 15.28.49

Ada dua lembar worksheet yang saya sediakan. Yang pertama adalah lembar untuk mewarnai huruf B dan yang kedua adalah lembar berisikan benda-benda yang berawalan huruf B seperti boneka, bola, bulan, dan baju. Gunting setiap benda yang ada dilembar kedua ini. Mengguntingnyabisa berbentuk lingkaran atau kotak. Hasan sendiri belum bisa menggunting berbentuk lingkaran, baru bisa lurus saja, jadi hasil akhirnya berbentuk kotak. Gambar yang sudah digunting nantinya akan ditempel disekeliling huruf B yang sudah diwarnai di lembar pertama. Continue reading »



Lagi-lagi Baju Menyusui

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

a

Pamer hasil karya lagi…. Modelnya terinspirasi dari salah satu produsen gamis katun etnik, tapi saya bikin lebih simple. Kalau manut model aslinya sih keramean ada pita dan renda dimana-mana. Bukaan menyusuinya disembunyikan dibalik blazernya. Blazernya ini jadi satu sama gamisnya, bukan 2 piece baju.

Awalnya mau dijual juga karena BU pengen beli kain lagi hahahahaa. Tapi karena saya butuh bajunya juga (dan gak cocok deal harganya) akhirnya batal deh transaksinya…. Belum jodoh…

Sekian laporan menjahit saya hari ini….

Happy Sewing!
_naya_


Oat and Cinnamon Pancake

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

foodpic5713249

Oat.

Sebenernya sih salah satu sumber karbohidrat yang menyehatkan karena banyak mengandung serat. Tapi oat ini selain rasanya kurang enak, juga agak susah ditelan alias seret. Penyajiannya yang hanya dicampur dengan susu hangat dan buah-buah atau kacang-kacangan ternyata masih cukup membuat seret di tenggorokan. Kebiasaan makan nasi kali ya, jadi ganti karbo beginian agak sulit. Istilah gaulnya susah move on.

Belum menyerah, saya coba bertanya pada syeikh google dan mendaratlah saya di situsnya martha steward kalau tidak salah. Salah satu olahan oat yang menarik bagi saya adalah Oat and Cinnamon Pancake alias pancake dengan oat dan kayu manis. Ini dia resepnya dengan sedikit modifikasi dari saya

Continue reading »


Muffin Choco Cheese

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

PhotoGrid_1420162681864

Hari jumat adalah waktunya cooking class bersama chef Hasan. Minggu ini temanya adalah muffin coklat. Awalnya sih saya berencana membuat chocolate chip cookies, tetapi mendalah berbelok haluan menjadi muffin coklat setelah melihat gambar muffin coklat yang menarik di Pinterest.
Resep muffin coklatnya saya pakai resep dari NCC dengan sedikit perubahan :

Bahan :

160 gr tepung terigu protein sedang

15 gram coklat bubuk

55 ml air

115 margarin

2 butir telur

125 gram gula pasir

4 gram baking powder

keju secukupnya, potong kecil kecil

choco chip secukupnya

Cara Membuat :

Panaskan air dan margarin hingga seluruh margarin meleleh (sampai mendidih). Campur tepung dan coklat bubuk. Tuang larutan margarin yang panas kedalam adonan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan menggunakan mixer. Masukkan telur satu persatu sambil diaduk dengan mixer.

Campur gula dengan baking powder, kemudian masukkan kedalam adonan. Mixer hingga rata. Masukkan keju yang sudah dipotong-potong dan chocochip kedalam adonan, aduk dengan spatula.

Tuang adonan kedalam papercup hingga 3/4 – 4/5 cup untuk menghasilkan muffin yang merekah. Taburi lagi bagian atasnya dengan keju dan chocochip . Panggang dalam oven bersuhu tinggi (200oC) selama 25 – 30 menit.

Happy Cooking!
_naya_


Pilihan

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

images

Pada akhirnya hidup adalah tentang pilihan-pilihan. Memilih untuk menentukan pilihan atau memilih untuk tidak memilih….

_naya_


Improved Martabak Terang Bulan

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

2014-09-27-14.39.05

Beberapa kali saya membuat martabak manis / terang bulan dengan menggunakan resep yang ada disini, saya masih sering kurang puas dengan hasil yang didapatkan. Belum mirip plek seperti yang dibuat oleh mas-mas penjual terang bulan dipinggir jalan. Setelah mencoba lebih dari 10x resep-resep dan teknik yang bertebaran di internet, akhirnya saya menemukan kombinasi yang menurut saya paling pas dan oye hasilnya. Berikut ini saya share hasil percobaan  dapur saya :

2014-09-27-14.42.10 Continue reading »


Huruf A untuk Apel

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

2014-09-27-14.39.05

Hello again! Kali ini saya akan berbagi materi printable dengan tema huruf A dan Apel… Yap! Semuanya tentang apel :)

2014-09-27-14.42.10

Yang pertama adalah kegiatan yang sering disebut sebagai dot-a-dot . Lingkaran-lingkaran putih yang ada di worksheet bisa diwarnai dengan spidol, ditaruh pom-pom diatasnya, ditaruh playdough yang dibentuk bulat, atau diletakkan manik-manik/ kancing. Continue reading »


Pola Dasar Baju Menyusui

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

 baju-busui

Here is the situation :  Kita hendak menyusui, tapi sedang ada di luar rumah. Entah itu ikut arisan ibu-ibu atau pergi belanja ke mall. Nggak bisa gitu aja kan buka baju. Lain halnya dengan dirumah yang lebih bebas. Tinggal masuk kamar berdua sama si baby. Kalau sedang diluar, sebisa mungkin menggunakan penutup misalnya nursing apron. Saya sendiri sih lebih suka nutupin pake jilbab yang lebar. Agar lebih mudah prosesnya, baju umumnya dipilih yang menggunakan kancing depan. Tapi ada juga inovasi baju menyusui yang tidak menggunakan kancing depan, namun memiliki bukaan menyusui yang lebih mudah dibuka (tidak perlu repot membuka kancing) sekaligus “tersembunyi” sehingga tidak perlu khawatir terbuka atau kelihatan orang.

Baju yang saya jahit  memiliki bukaan menyusui disamping (dekat ketiak). Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah. Jadi pada bagian badan depan terdapat 2 layer kain yang saling bersilangan.

2014-12-19 11.39.55 Continue reading »


Mitos Mengenai Homeschooling

 Anak homeschooling tidak bisa bersosialisasi?

Sosialisasi dalam homeschooling adalah pertanyaan yang paling sering diajukan. Hal  ini disebabkan ketidaktahuan tentang kegiatan homeschooling sebenarnya. Banyak orang berasumsi bahwa dalam homeschooling anak tidak keluar dari rumah dan hanya belajar dirumah mulai dari pagi sampai sore.  Jelas saja kalau seperti itu anak homeschooling dianggap kurang pergaulan. Pada kenyataannya, anak homeschooling lebih sering belajar langsung di lapangan kapan pun mereka mau. Saat waktunya belajar sains, mereka pergi ke perpustakaan, melakukan percobaan sederhana dirumah, ataupun terjun langsung ke alam. Ingin belajar bisnis? Cari kenalan pengusaha di sekitar lingkungan dan mencoba magang. Bandingkan dengan siswa sekolah formal yang berinteraksi hanya dengan teman-teman yang seusia dan dikumpulkan dalam satu kelas seharian. Kalau siswa homeschooling? Dengan banyak orang dari segala lapisan usia dan pekerjaan.

Anak homeschooling tidak punya teman?

Mirip dengan pertanyaan pertama, pertanyaan ini beranggapan bahwa siswa homeschooling yang bersekolah formal memiliki banyak teman sedangkan mereka tidak. Kalau dinilai secara fair, tidak semua pertemanan disekolah bernilai positif. Sering kita dengar kasus bullying, peer pressure ataupun pelecehan seksual.  Anak homeschooling dapat berteman dengan anak-anak lain yang memiliki minat yang sama seperti di klub olahraga, di klub membaca, di remaja masjid ataupun interaksi teman di dunia maya. Continue reading »


Slowcooker Chicken Teriyaki

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Slow-Cooker-Teriyaki-Chicken-9

Chicken teriyaki. Gambar nyontek dari sini

Semenjak ada dua orang bocil dirumah, kesibukan saya bertambah. Apalagi setelah neneknya bocil balik lagi ke jawa, otomatis saya dibuat wara wiri mengurusi kebutuhan kedua balita yang heboh itu. Bukan hal yang mudah memang. Salah satu trik yang saya gunakan adalah mengoptimalisasi penggunaan slowcooker. Ketika sedang tidak terlalu sibuk, misalnya salah satu bocil sedang tidur, saya menyiapkan bahan-bahan masakan dan memasukkannya kedalam slowcooker. Plung..plung..plung… tinggal tunggu waktu tanpa perlu sering diaduk aduk dan tanpa perlu takut gosong. Salah satu resep hasil percobaan saya adalah membuat chicken teriyaki dengan menggunakan slowcooker. Continue reading »


Seni untuk balita : Mencetak gambar daun

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Untitled-1 Masih ingat nggak permainan jaman masih SD dimana uang logam digosok dengan menggunakan pensil diatas media kertas?? Daun yang ada dikebun bisa juga lho digunakan dan menjadi media belajar seni untuk anak-anak. Bahan yang dibutuhkan hanya daun, crayon atau pensil berwarna (lebih prefer crayon karena lebih mudah digunakan oleh balita) dan kertas polos. Daun yang digunakan sebaiknya dipilih yang tulang daunnya agak menonjol. Disini saya menggunakan daun dari bunga sepatu dan daun pohon dibelakang rumah yang nggak tau namanya ^^v (katanya sih pohon dadap). Daun cukup disusun diatas pengalas (saya menggunakan majalah) dan letakkan kertas diatasnya. Gosok kertas dengan menggunakan crayon dan nanti pola daun yang ada dibawahnya akan tampak. Jangan lupa crayonnya dipegang horizontal ya agar gambarnya lebih smooth….

happy learning!!

_naya_


Hello World : Fariz Ihsan Arrayyan

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

2014-11-24 23.28.17-1

Putra kedua kami

Alhamdulillah…  Akhirnya putra kedua kami lahir dengan sehat dan selamat melalui persalinan normal pada tanggal 18 november 2014 dengan berat 3.5 kilogram dan panjang 48 cm.

Proses kelahirannya pun sangat dimudahkan, membuat saya tak henti-hentinya bersyukur atas segala rahmat dari-Nya. Dini hari saya mulai merasa mulas-mulas, namun masih bisa tidur meskipun tidak nyenak. Sekitar pukul 4 pagi, meskipun mulasnya mulai terasa signifikan dan teratur, saya masih mencoba tenang dan menganggap belum waktunya melahirkan #kepedean. “Ah paling masih nanti, tunggu subuhan dulu aja..“, pikir saya. Eh ternyata selewat subuh, kontraksi sudah per 10 menit. whooaaa…ikii…. Antara dag dig dug  dan excited, saya dan suami ke rumah sakit bersalin. Sebenernya saya masih berpikir klo ini kontraksi palsu aja. Males gitu, udah bawa2 koper eh ternyata nanti disuruh pulang…..

Jam 05.30 pagi saya sampai di rumah sakit bersalin dan langsung periksa detak jantung baby, ngisi-ngisi form (abu yang kerjain laaa), sekaligus cek pembukaan. Eh, udah pembukaan 5 (doeeenng!! untung gak brojolan dijalan). Setelah mengecek pembukaan, saya diminta mbak bidan untuk pindah ke kamar rawat inap (ndilalahe pake kamar yang sama dengan kamar dulu tempat lahiran si kakak). Ketika mulasnya semakin intens, saya meminta supaya kembali ke kamar bersalin agar bisa dicek oleh mbak bidan. Jarak antara kamar bersalin dan kamar rawat inap yang mungkin hanya 4-5 meter ternyata terasa sangat jaaaaauuuhhhh… jalannya sampe ngesot (abaikan… lebay ini) dipapah oleh abu… ternyata… jeeennggg… jeeennggg… sudah pembukaan lengkap…..

dan yaaa.. begitulah adegan selanjutnya… tarik nafas.. dorong… dorong… tarik nafas….

sampai akhirnya pukul 7:16 putra kedua kami lahir kedunia. Alhamdulillah ya Rabb…..

Harapan kami, semoga putra kedua kami ini menjadi anak yang cerdas & berwawasan (fariz), baik (ihsan), dan taat beragama (arrayyan : sebuah pintu surga bagi ahli puasa). Aammiin…

_naya_


Kalau siang itu dirumah saja….

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Siang hari bolong (sekitar pukul 1 siang), hasan meminta ditemani untuk sepedaan keliling kompleks. Ini bukan untuk pertama kalinya. Berulang kali, dan selalu kutolak dengan alasan udara diluar yang panas
“Bunda, genjot.. genjot sepeda…”
“Kalau siang panas, Sayang. Mainnya dirumah. Kalau mau sepedaan nanti sore aja.”, jawab saya.

Sampai pada suatu waktu ketika ayahnya mau lembur di kantor. Waktu itu sekitar jam 10 pagi….
“Ayah mau kerja dulu ya, Hasan. Nanti siang Ayah pulang”, kata Ayah
“Ayah dirumah… Ayah dirumah… Panas diluar…”, jawab Hasan,

??!!##%$@ Waduh, omonganku ditiru sama si bocah kecil huahahahaa…..


Catatan kuliah ibu profesional : Mengenal gaya belajar anak

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

small

Mindmap mengenal gaya belajar anak. Untuk gambar lebih jelas, klik disini

Tulisan ini merupakan rangkuman dari kuliah ibu profesional yang berjudul “Memahami gaya belajar anak, mendampingi dengan benar”. Sudah cukup lama sih kuliah onlinenya, sekitar bulan mei yang lalu kalau tidak salah. Maklumlah ibu eRTe sok sibuk, jadi baru sempat nulis rangkumannya sekarang #kibasinjilbab

Memahami gaya belajar anak merupakan hal yang penting dalam mendampingi proses belajar anak, karena daya serap anak sangat terpengaruh dengan gaya belajarnya. Gaya belajar anak dapat diamati ketika masih bayi/balita. Pengamatan terhadap gaya belajar dapat dilakukan dengan membiarkan anak untuk bebas bereksplorasi. Batasi agar tidak terlalu banyak melarang eksplorasi dan eksperiman anak.

Bagaimana tahapan mendampingi anak belajar? Continue reading »